ANALISA TEKNOLOGI INFRASTRUKTUR PERUSAHAAN FIRSTMEDIA INDONESIA




PT First Media Tbk, sebelumnya bernama PT Broadband Multimedia Tbk, adalah perusahaan publik Indonesia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. First Media menyediakan jasa layanan internet pita lebar, televisi kabel, dan komunikasi data, yang secara keseluruhan diperkenalkan sebagai "Triple Play". Jaringannya meliputi Jabodetabek, Surabaya, Malang, dan Bandung.

First Media merupakan anak perusahaan Lippo Group. First Media juga memegang penuh kepemilikan saham PT Citra Ayunda Pariwara yang menguasai 80% saham PT Direct Vision, perusahaan yang mengoperasikan jasa televisi satelit Astro Nusantara.

Penjelasan berikut akan menjelaskan penerapan standar ITIL (Information Technology Infrastructure Library) oleh perusahaan PT First Media Tbk Indonesia.

1. Service Strategy


PT. First Media Tbk menerapkan strategi pemasaran yang konprehensif untuk memperkuat merek dagang serta meningkatkan penjualan perusahaan termasuk melalui aktivitas komunikasi pemasaran serta pengembangan jaringan distribusi produk dan layanan. Strategi mobil pemasaran Firstmedia merupakan salah satu saluran distribusi utama produk dan layanannya, disamping beberapa jaringan distribusi layanan yang dimiliki.

2. Service Design

>> Product



Salah satu produknya yaitu FastNet. FastNet adalah produk dari First Media yang memberikan layanan internet broadband, yang merupakan satu satunya solusi akses Internet cepat tanpa batas  untuk memenuhi semua kebutuhan informasi bagi keluarga pelanggan.

FastNet menawarkan kemudahan download dengan kecepatan sampai dengan 1 Gbps. Dengan kapasitas data tanpa batas dan akses 24 jam nonstop. FastNet ditawarkan dalam beberapa paket kecepatan sesuai dengan kebutuhan. Dan masih banyak produk lainnya.

>> Price

Harga yang ditawarkan bisa dibilang yang paling terjangkau dan bersahabat dari semua provider-provider internet di luar sana. Namun dengan begitu Firstmedia sama sekali tidak kalah adu saing dalam hal kualitas dan kuantintas.

>> Place

Saluran distribusi PT First Media Tbk juga banyak dan ada dimana-mana, misalkan pada Jakarta Selatan ada di Jl. RS. Fatmawati Raya Komplek Perkantoran Duta Mas Fatmawati Blok A1 No. 26, Cipete Utara, Kebayoran Baru Jakarta Selatan.

Selain itu gerai Firstmedia juga sering dibuka di tempat tertentu sebagai wadah masyarakat.


Tidak lupa, Firstmedia juga mengutamakan service online kepada masyarakat sebagai servicenya.

3. Service Transition

First Media Tbk (KBLV) didirikan tanggal 06 Januari 1994 dengan nama PT Safira Ananda dan memulai kegiatan usaha komersialnya pada tanggal 01 Maret 1999. Kantor pusat First Media berdomisili di BeritaSatu Plaza, Lantai 4, Jl. Gatot Subroto Kav 35-36 Jakarta 12950 – Indonesia. Telp : (62-21) 527-8811 (Hunting), Fax : (62-21) 527-8833.

Pemegang saham yang memiliki 5% atau lebih saham First Media Tbk, antara lain: AcrossAsia Limited (induk usaha) (55,10%) dan PT Reksa Puspita Karya (33,76%).

Berdasarkan Anggaran Dasar Perusahaan, ruang lingkup kegiatan KBLV adalah bergerak dalam penyediaan jasa melalui jaringan komunikasi pita lebar (“jaringan”) (broadband communication network) dan pendistribusian sinyal elektronik melalui jaringan tersebut. Kegiatan usaha KBLV adalah bergerak dalam layanan telekomunikasi dan multimedia terpadu dengan konsep TriplePlay, yakni penyediaan layanan televisi berlangganan (HomeCable), layanan internet pita lebar berkecepatan tinggi (FastNet) dan layanan komunikasi data melalui jaringan telekomunikasi digital (DataComm). Konsep bisnis TriplePlay dijalankan oleh First Media melalui anak perusahaannya yaitu Link Net Tbk (LINK) dan PT First Media Television.

Pada tanggal 27 Januari 2000, KBLV memperoleh pernyataan efektif dari Bapepam-LK untuk melakukan Penawaran Umum Perdana Saham KBLV (IPO) kepada masyarakat sebanyak 20.000.000 dengan nilai nominal Rp500,- per saham dengan harga penawaran Rp500,- per saham. Saham-saham tersebut dicatatkan pada Bursa Efek Surabaya (BES) (sekarang Bursa Efek Indonesia / BEI) pada tanggal 25 Februari 2000.

Kemunculan Firstmedia tidak begitu menggemparkan komunitas telekomunikasi namun yang membuat hebat Firstmedia adalah kemunculan fiber (kabel optik) pertama kali.

4. Service Operation

Saat ini First Media Tbk sudah merilis fitur-fitur perusahaannya seperti koneksi internet (FastNet), HomeCable TV, Firstmediax, Smart Living, dan yang terbaru GameXprert untuk di smartphone.

5. Continual Service Improvement

Firstmedia selalu meningkatkan kualitas&kuantintasnya supaya menjadi perusahaan yang tetap stabil dan maju.

Dan terus memperluas daerah cangkupannya supaya semua dapat merasakan layanan firstmedia.

Tidak hanya berhenti sampai situ, firstmedia mulai memperkenalkan fitur barunya yaitu First Klaz. Ini adalah layanan yang sangat berguna bagi sekolah-sekolah terutama dalam hal pembelajaran.

Melalui layanan First Klaz, terdapat beberapa keuntungan yang dapat dirasakan oleh sekolah, siswa, guru, dan juga orang tua. Untuk lembaga sekolah, layanan ini akan memudahkan memonitor perkembangan dan aktivitas sekolah, serta keaktifan siswa, guru, dan kelas.

Selain itu, First Klaz dapat lebih meningkatkan standar mutu pengelolaan kelas dan efektivitas belajar-mengajar di banyak sekolah. Tak hanya itu, layanan ini juga memiliki layanan teknologi yang lebih eksklusif.

Untuk para siswa, mereka dapat memiliki pengalaman belajar yang menyenangkan melalui teknologi yang bersahabat serta dapat memperoleh materi belajar tambahan dari tutor ahli yang bisa diakses kapan dan di mana saja.


Demikianlah penerapan standar ITIL (Information Technology Infrastructure Library) oleh perusahaan PT First Media Tbk Indonesia. Semoga bermanfaat!



daftar pustaka:




Komentar

Postingan populer dari blog ini

REVIEW FITUR "CONTINUE WATCHING" PADA VIU

MAKALAH PERBANDINGAN MICROSOFT OPERATION FRAMEWORK DENGAN APPLICATION SERVICES LIBRARY