ANALISA TEKNOLOGI INFRASTRUKTUR PERUSAHAAN FIRSTMEDIA INDONESIA
PT First Media Tbk, sebelumnya bernama PT Broadband
Multimedia Tbk, adalah perusahaan publik Indonesia yang terdaftar di Bursa Efek
Indonesia. First Media menyediakan jasa layanan internet pita lebar, televisi
kabel, dan komunikasi data, yang secara keseluruhan diperkenalkan sebagai
"Triple Play". Jaringannya meliputi Jabodetabek, Surabaya, Malang,
dan Bandung.
First Media merupakan anak perusahaan Lippo Group. First
Media juga memegang penuh kepemilikan saham PT Citra Ayunda Pariwara yang menguasai
80% saham PT Direct Vision, perusahaan yang mengoperasikan jasa televisi
satelit Astro Nusantara.
Penjelasan berikut akan menjelaskan penerapan standar ITIL (Information Technology Infrastructure Library) oleh perusahaan PT First Media Tbk Indonesia.
1. Service Strategy
PT. First Media Tbk menerapkan strategi pemasaran yang konprehensif untuk memperkuat merek dagang serta meningkatkan penjualan perusahaan termasuk melalui aktivitas komunikasi pemasaran serta pengembangan jaringan distribusi produk dan layanan. Strategi mobil pemasaran Firstmedia merupakan salah satu saluran distribusi utama produk dan layanannya, disamping beberapa jaringan distribusi layanan yang dimiliki.
2. Service Design
>> Product
Salah satu produknya yaitu FastNet. FastNet adalah produk dari First Media yang memberikan
layanan internet broadband, yang merupakan satu satunya solusi akses Internet
cepat tanpa batas untuk memenuhi semua kebutuhan
informasi bagi keluarga pelanggan.
FastNet menawarkan kemudahan download dengan kecepatan
sampai dengan 1 Gbps. Dengan kapasitas data tanpa batas dan akses 24 jam
nonstop. FastNet ditawarkan dalam beberapa paket kecepatan sesuai dengan
kebutuhan. Dan masih banyak produk lainnya.
>> Price
Harga yang ditawarkan bisa dibilang yang paling terjangkau dan bersahabat dari semua provider-provider internet di luar sana. Namun dengan begitu Firstmedia sama sekali tidak kalah adu saing dalam hal kualitas dan kuantintas.
>> Place
Saluran distribusi PT First Media Tbk juga banyak dan ada dimana-mana, misalkan pada Jakarta Selatan ada di Jl. RS. Fatmawati Raya Komplek Perkantoran Duta Mas
Fatmawati Blok A1 No. 26, Cipete Utara, Kebayoran Baru Jakarta Selatan.
Selain itu gerai Firstmedia juga sering dibuka di tempat tertentu sebagai wadah masyarakat.
Tidak lupa, Firstmedia juga mengutamakan service online kepada masyarakat sebagai servicenya.
3. Service Transition
First Media Tbk (KBLV) didirikan tanggal 06 Januari 1994
dengan nama PT Safira Ananda dan memulai kegiatan usaha komersialnya pada
tanggal 01 Maret 1999. Kantor pusat First Media berdomisili di BeritaSatu
Plaza, Lantai 4, Jl. Gatot Subroto Kav 35-36 Jakarta 12950 – Indonesia. Telp :
(62-21) 527-8811 (Hunting), Fax : (62-21) 527-8833.
Pemegang saham yang memiliki 5% atau lebih saham First Media
Tbk, antara lain: AcrossAsia Limited (induk usaha) (55,10%) dan PT Reksa
Puspita Karya (33,76%).
Berdasarkan Anggaran Dasar Perusahaan, ruang lingkup
kegiatan KBLV adalah bergerak dalam penyediaan jasa melalui jaringan komunikasi
pita lebar (“jaringan”) (broadband communication network) dan pendistribusian
sinyal elektronik melalui jaringan tersebut. Kegiatan usaha KBLV adalah
bergerak dalam layanan telekomunikasi dan multimedia terpadu dengan konsep
TriplePlay, yakni penyediaan layanan televisi berlangganan (HomeCable), layanan
internet pita lebar berkecepatan tinggi (FastNet) dan layanan komunikasi data
melalui jaringan telekomunikasi digital (DataComm). Konsep bisnis TriplePlay
dijalankan oleh First Media melalui anak perusahaannya yaitu Link Net Tbk
(LINK) dan PT First Media Television.
Pada tanggal 27 Januari 2000, KBLV memperoleh pernyataan
efektif dari Bapepam-LK untuk melakukan Penawaran Umum Perdana Saham KBLV (IPO)
kepada masyarakat sebanyak 20.000.000 dengan nilai nominal Rp500,- per saham
dengan harga penawaran Rp500,- per saham. Saham-saham tersebut dicatatkan pada
Bursa Efek Surabaya (BES) (sekarang Bursa Efek Indonesia / BEI) pada tanggal 25
Februari 2000.
Kemunculan Firstmedia tidak begitu menggemparkan komunitas telekomunikasi namun yang membuat hebat Firstmedia adalah kemunculan fiber (kabel optik) pertama kali.
4. Service Operation
Saat ini First Media Tbk sudah merilis fitur-fitur perusahaannya seperti koneksi internet (FastNet), HomeCable TV, Firstmediax, Smart Living, dan yang terbaru GameXprert untuk di smartphone.
5. Continual Service Improvement
Firstmedia selalu meningkatkan kualitas&kuantintasnya supaya menjadi perusahaan yang tetap stabil dan maju.
Dan terus memperluas daerah cangkupannya supaya semua dapat merasakan layanan firstmedia.
Tidak hanya berhenti sampai situ, firstmedia mulai memperkenalkan fitur barunya yaitu First Klaz. Ini adalah layanan yang sangat berguna bagi sekolah-sekolah terutama dalam hal pembelajaran.
Melalui layanan First Klaz, terdapat beberapa keuntungan
yang dapat dirasakan oleh sekolah, siswa, guru, dan juga orang tua. Untuk
lembaga sekolah, layanan ini akan memudahkan memonitor perkembangan dan
aktivitas sekolah, serta keaktifan siswa, guru, dan kelas.
Selain itu, First Klaz dapat lebih meningkatkan standar mutu
pengelolaan kelas dan efektivitas belajar-mengajar di banyak sekolah. Tak hanya
itu, layanan ini juga memiliki layanan teknologi yang lebih eksklusif.
Untuk para siswa, mereka dapat memiliki pengalaman belajar
yang menyenangkan melalui teknologi yang bersahabat serta dapat memperoleh
materi belajar tambahan dari tutor ahli yang bisa diakses kapan dan di mana
saja.
Demikianlah penerapan standar ITIL (Information Technology Infrastructure Library) oleh perusahaan PT First Media Tbk Indonesia. Semoga bermanfaat!
daftar pustaka:
Komentar
Posting Komentar