BUSINESS RELATIONSHIP MANAGEMENT (BRM) & SERVICE LEVEL MANAGEMENT (SLM)

Business Relationship Management (BRM)

Image result for business relationship management


  • Maksud dan Tujuan
Manajemen hubungan bisnis (BRM) adalah pendekatan formal untuk pemahaman, mendefinisikan, dan mendukung kegiatan antar-usaha yang terkait dengan jaringan bisnis. Manajemen hubungan bisnis terdiri dari pengetahuan, keterampilan, dan perilaku (atau kompetensi) yang membina hubungan yang produktif antara organisasi jasa (misalnya Sumber Daya Manusia , teknologi informasi , departemen keuangan, atau penyedia eksternal) dan mitra bisnis mereka. Adapun tujuan dari  manajemen hubungan bisnis adalah untuk memahami kebutuhan pelanggan bisnis dan untuk memberikan layanan yang memenuhi kebutuhan tersebut.
  • Peran
Penyebaran BRM didasarkan pada argumen bahwa penyedia layanan dan pelanggan akan memperoleh keuntungan dari suatu hubungan yang berusaha menyelaraskan aktivitas penyedia layanan dengan kebutuhan bisnis yang berkembang dari pelanggan dan meningkatkan pemahaman pelanggan terhadap penawaran dan nilai penyedia layanan. BRM berbeda dari manajemen hubungan perusahaan dan manajemen hubungan pelanggan meskipun hal itu berkaitan. Ini adalah ruang lingkup yang lebih besar daripada penghubung yang sejalan kepentingan bisnis dengan TI Penyerahan. Ruang lingkup manajemen hubungan bisnis berfokus pada penyelarasan pelanggan tujuan dengan kegiatan penyedia layanan TI.
  • Fokus BRM
Bisnis Relationship Management berfokus pada realisasi nilai bisnis melalui mitra bisnis akuntabel, kemajuan dalam skala, ruang lingkup, dan kecanggihan efek jaringan gangguan konstan sebagai ‘normal baru’ dinamis bisnis, desentralisasi pengetahuan dan devaluasi kekayaan intelektual tradisional, peningkatan keterbukaan pengetahuan jaringan,  penurunan komando dan kontrol manajemen.


Service Level Management (SLM)

Image result for service level management

  • Maksud dan Tujuan

Layanan Manajemen tingkat (SLM) hadir untuk memastikan bahwa layanan sepenuhnya menyelaraskan dengan kebutuhan bisnis dan memenuhi persyaratan pelanggan fungsi, ketersediaan dan kinerja. Sedangkan Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa tingkat layanan negogiasi dan setuju dengan pelanggan dan semua layanan disampaikan ke tingkat layanan yang telah disetujui yang didefinisikan di dalam indikator kinerja yang telah disepakati. SLM pelayan dari hubungan antara penyedia layanan teknologi informasi dan pelanggan dan bertanggung jawab kepada pengguna untuk layanan disampaikan.
  • Indikator Performa SLM

Indikator performa SLM memberi suatu mekanisme untuk memonitor dan memperbaiki tingkat layanan sebagai tolok ukur kesuksesan. Mekanisme ini menjadikan organisasi lebih cepat dalam bereaksi menangani  permasalahan dan akan lebih mudah mengenali isu yang mempengaruhi layanan. Mengabaikan  pengukuran terhadap tingkat layanan sama artinya dengan meninggalkan segala rancangan proaktif yang telah dibuat karena organisasi dipaksa berada dalam kondisi reaktif. 
  • Kegiatan Pokok SLM
  1. Mengembangkan dan bernegosiasi SLA dengan pelanggan
  2. Menjamin SLA didukung oleh internal (OLAs) dan eksternal (UCs) perjanjian yang mendukung pencapaian tingkat layanan yang telah disetujui
  3. Bertindak sebagai jembatan antara penyedia layanan teknologi informasi dan bisnis
  4. Untuk mengelola dan memelihara hubungan posiif, konstruktif dengan pelanggan. Sebagai antarmuka utama antara teknologi informasi dan bisnis, harus tetap up to date dengan semua perkembangan yang relevan.

Perbedaan, Hubungan BRM & SLM

Sistem BRM adalah hubungan jangka panjang dengan pelanggan dan kepuasan pelanggan senang atau tidak dengan apa yang disampaikan. Sedangkan sistem SLM adalah perjanjian yang telah dibuat dengan pelanggan pada tingkat layanan yang diberikan untuk layanan tertentu, dan menegaskan bahwa tingkat layanan itu terpenuhi sehingga pelanggan puas dengan layanan tersebut.

Hubungan di antara keduanya yaitu keduanya melayani pelanggan dalam sebuah bisnis dalam perusahaan.


daftar pustaka:

https://en.wikipedia.org/wiki/Business_relationship_management

https://ricoprayoga22.blogspot.com/2016/05/business-relationship-management-a.html

http://nichonotes.blogspot.com/2015/02/manajemen-keuangan-finance-management.html


Komentar

Postingan populer dari blog ini

REVIEW FITUR "CONTINUE WATCHING" PADA VIU

ANALISA TEKNOLOGI INFRASTRUKTUR PERUSAHAAN FIRSTMEDIA INDONESIA

MAKALAH PERBANDINGAN MICROSOFT OPERATION FRAMEWORK DENGAN APPLICATION SERVICES LIBRARY